TAKUT PADA JIN MAYORITASNYA TERMASUK KESYIRIKAN¹

💺 Mufti: al-Imam Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah

 

Pertanyaan:

“Apakah takut kepada jin termasuk takut thabi’i (takut secara tabiat) ataukah bukan?”

 

📌 Jawaban:

“Takut dari jin, apabila itu adalah khauf (takut) sirr² dan dia meyakini bahwa jin tersebut bisa memberi manfaat dan mudarat, maka takut yang semacam ini masuk dalam kesyirikan.

{وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقًا} [الجن : 6]

” Dan bahwasanya ada beberapa orang pria dari kalangan manusia mereka meminta perlindungan kepada beberapa orang pria dari kalangan jin maka jin tersebut semakin menambah dosa dan kesalahan bagi mereka”
Q.S. Al-Jin: 6

Dan keumuman rasa takut terhadap jin masuk -wallahu a’lam- dalam khauf (takut) ibadah. Karena dia meyakini bahwa jin tersebut bisa memberi mudarat (bahaya) dan manfaat. Padahal tidak ada yang mampu menolak bahaya dan memberikan manfaat kecuali hanya Allah. Tidak jin, tidak pula manusia.

ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻷﻣﺔ ﻟﻮ ﺍﺟﺘﻤﻌﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻳﻨﻔﻌﻮﻙ ﺑﺸﻲﺀ ﻟﻢ ﻳﻨﻔﻌﻮﻙ ﺇﻻ ﺑﺸﻲﺀ ﻗﺪ ﻛﺘﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻚ ﻭﻟﻮ ﺍﺟﺘﻤﻌﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻳﻀﺮﻭﻙ ﺑﺸﻲﺀ ﻟﻢ ﻳﻀﺮﻭﻙ ﺇﻻ ﺑﺸﻲﺀ ﻗﺪ ﻛﺘﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚ

Dan hendaklah engkau ketahui seandainya seluruh ummat (jin dan manusia) bersatu untuk memberikan suatu manfaat padamu, niscaya mereka tidak bisa memberikan manfaat padamu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan seandainya mereka bersatu untuk menimpakan bahaya padamu, niscaya mereka tidak akan bisa membahayakanmu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untukmu³

 

Maka seorang mukmin yang jujur (keimanannya) tidaklah merasa takut kecuali kepada Allah ‘Azza wa Jalla

فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ [آل عمران : 175

” Maka janganlah kalian takut pada mereka. Akan tetapi takutlah hanya kepada-Nya jika kalian benar-benar beriman”
Q.S. Ali Imran: 175

Yaitu yang dimaksud (ayat di atas) adalah khauf (takut) sirr. Takut yang merupakan ibadah. Adapun takut kepada ular, singa, kepada manusia yang membuat kerusakan, yaitu dia menyerangmu dan engkau tidak mampu melawannya, maka ini adalah takut thabi’i (tabiat) yang tidak berbahaya (terhadap keimanan). Ini tidak membahayakan (iman) insyaAllah. Hal ini tidak merusak aqidah. Akan tetapi takut pada jin mayoritasnya adalah rasa takut yang dibangun di atas keyakinan yang rusak!

🛡 Rasulullah ﷺ telah memberimu bermacam senjata dan beliau juga telah mengajarimu. Bacalah:

1⃣. Ayat Kursi

2⃣. Al-Mu’awwidzat (al-Falaq dan an-Nas) untuk membentengimu.

✅ Berdzikir kepada Allah akan melindungimu dari (gangguan) mereka (jin). Gunakanlah semua wasilah yang bisa membentengimu dari (gangguan) mereka dan dari semua bentuk gangguan; berupa segala jenis ular, ular yang ganas, kalajengking dan yang selainnya. (Ucapan)

” أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ”

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang Maha Sempurna dari kejahatan makhluk-Nya.”⁴

Jika engkau mengucapkannya, niscaya tidak akan mendatangimu (bahaya), tidak jin, ular, dan yang selainnya. Tidak akan membahayakanmu sesuatu apapun. Dan ini akan terjadi apabila diiringi dengan (niat yang) ikhlas dan jujur (dalam memohon perlindungan).

Barakallahu fiykum.”

 

✏ Catatan:

1. Kesyirikan adalah dosa terbesar yang tidak diampuni pelakunya bila dia tidak bertaubat sebelum meninggal. Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَاء

Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa kesyirikan dan Dia mengampuni dosa-dosa yang di bawah kesyirikan bagi siapa saja yang Dia kehendaki

2. Khauf sirr adalah rasa takut yang diiringi dengan sikap menghinakan diri, mengagungkan (yang ditakuti), dan penuh ketundukan terhadap sesuatu yang ditakuti. Dan takut semacam ini *tidak boleh diberikan kecuali hanya pada Allah.*Lihat penjelasan Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah di:
http://www.albaidha.net/vb/منتديات-البيضاء-العلمية/الـمـــنابـــر-الـعـلـمـيـــة/منبر-الحديث-والفقه/فـتـاوى-الحديث-والـفـقـه/51812-حكم-الخوف-من-الجن-الشيخ-ابن-عثيمين-رحمه-الله-والشيخ-صالح-آل-الشيخ-حفظه-الله

3. H.R. Ahmad, at-Tirmidzi, dan al-Hakim dari Ibnu Abbas. Dishahihkan al-Albani rahimahullah.

4. Rasulullah ﷺ bersabda:

” Apabila salah seorang diantara kalian singgah di suatu tempat, hendaklah dia mengucapkan:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ
Maka sungguh tidak ada suatu apapun yang bisa membahayakannya hingga dia beranjak dari tempat itu.”
H.R. Muslim dari Khaulah bintu Hakim

🍇 Tim TwIS

🗓 26/12/1438
17/09/2017

🇸🇦 Arabic

ﻣﻦ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺭﺑﻴﻊ ﺍﺑﻦ ﻫﺎﺩﻱ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ
ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ : ﺳﺆﺍﻝ : ﻫﻞ ﺍﻟﺨﻮﻑ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻦّ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﻮﻑ ﺍﻟﻄﺒﻴﻌﻲ , ﺃﻡ ﻻ ؟
ﺍﻟـﺠــﻮﺍﺏ :
ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ : ﺍﻟﺨﻮﻑ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻦّ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺧﻮﻑ ﺍﻟﺴﺮ ﻭﻳﻌﺘﻘﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻦ ﺃﻧّﻬﺎ ﺗﻨﻔﻊ ﻭﺗﻀﺮّ ﻓﻴﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﻙ )) ﻭﺃﻧّﻪ ﻛﺎﻥ ﺭﺟﺎﻝ ﻣﻦ ﺍﻹﻧﺲ ﻳﻌﻮﺫﻭﻥ ﺑﺮﺟﺎﻝ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻦّ ﻓﺰﺍﺩﻭﻫﻢ ﺭﻫﻘﺎ (( .
ﻭﻏﺎﻟﺒﺎ ﺍﻟﺨﻮﻑ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻦّ ﻳﺪﺧﻞ – ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ – ﻓﻲ ﺧﻮﻑ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ؛ﻷﻧﻪ ﻳﻌﺘﻘﺪ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﺄﻧّﻬﺎ ﺗﻀﺮّ ﻭﺗﻨﻔﻊ , ﻭﻻ ﻳﻤﻠﻚ ﺍﻟﻀﺮّ ﻭﺍﻟﻨﻔﻊ ﺇﻻّ ﺍﻟﻠﻪ , ﻻ ﺍﻟﺠﻦّ ﻭﻻ ﺍﻹﻧﺲ ‏( ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻷﻣﺔ ﻟﻮ ﺍﺟﺘﻤﻌﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻳﻨﻔﻌﻮﻙ ﺑﺸﻲﺀ ﻟﻢ ﻳﻨﻔﻌﻮﻙ ﺇﻻ ﺑﺸﻲﺀ ﻗﺪ ﻛﺘﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻚ ﻭﻟﻮ ﺍﺟﺘﻤﻌﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻳﻀﺮﻭﻙ ﺑﺸﻲﺀ ﻟﻢ ﻳﻀﺮﻭﻙ ﺇﻻ ﺑﺸﻲﺀ ﻗﺪ ﻛﺘﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚ ‏) ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ .
ﻭﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﺍﻟﺼﺎﺩﻕ ﻻ ﻳﺨﺎﻑ ﺇﻻّ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰّ ﻭﺟﻞّ )) ﻓﻼ ﺗﺨﺎﻓﻮﻫﻢ ﻭﺧﺎﻓﻮﻥ ﺇﻥ ﻛﻨﺘﻢ ﻣﺆﻣﻨﻴﻦ (( , ﻳﻌﻨﻲ ﺍﻟﺨﻮﻑ ﺍﻟﺴﺮّﻱ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ؛ﺧﻮﻑ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ , ﺃﻣّﺎ ﺍﻟﺨﻮﻑ ﻣﻦ ﺣﻴّﺔ , ﻣﻦ ﺃﺳﺪ , ﻣﻦ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﻣﻔﺴﺪ ﻳﻌﻨﻲ ﻳﻬﺠﻢ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﻟﺴﺖ ﺗﻘﺪﺭ ﻋﻠﻰ ﻣﻘﺎﻭﻣﺘﻪ ﻓﻬﺬﺍ ﺧﻮﻑ ﻃﺒﻴﻌﻲ ﻻ ﻳﻀﺮّ , ﻫﺬﺍ ﻻ ﻳﻀﺮّ ﺇﻥ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻻ ﻳﺨﻞ ﺑﺎﻟﻌﻘﻴﺪﺓ , ﻟﻜﻦ ﺧﻮﻑ ﺍﻟﺠﻦّ ﻓﻲ ﻏﺎﻟﺒﻪ ﺧﻮﻑٌ ﻳﻘﻮﻡ ﻋﻠﻰ ﻋﻘﺎﺋﺪ ﻓﺎﺳﺪﺓ ! ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻋﻄﺎﻙ ﺃﺳﻠﺤﺔ ﻭﻋﻠﻤﻚ , ﺍﻗﺮﺃ ﺁﻳﺔ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ , ﺍﻗﺮﺃ ﺍﻟﻤﻌﻮّﺫﺍﺕ , ﺗﺤﺼّﻦ , ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰّ ﻭﺟﻞّ ﻳﺤﺼﻨﻚ ﻣﻨﻬﻢ , ﺍﺳﺘﺨﺪﻡ ﺍﻟﻮﺳﺎﺋﻞ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺤﺼّﻨﻚ ﻣﻨﻬﻢ ﻭﻣﻦ ﻛﻞّ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﺍﻷﺫﻯ ؛ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻴّﺎﺕ , ﺍﻷﻓﺎﻋﻲ , ﺍﻟﻌﻘﺎﺭﺏ ﻭﻣﻦ ﻏﻴﺮﻫﺎ ” ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻜﻠﻤﺎﺕ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﺎﻣﺎﺕ ﻣﻦ ﺷﺮّ ﻣﺎ ﺧﻠﻖ ” ﺇﺫﺍ ﻗﻠﺘﻬﺎ ﻻ ﻳﺄﺗﻴﻚ ﻻ ﺟﻨّﻲ ﻭﻻ ﺣﻴّﺔ ﻭﻻ ﻏﻴﺮﻫﺎ , ﻻ ﻳﻀﺮّﻙ ﺷﻲﺀ , ﻭﻫﺬﺍ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﺈﺧﻼﺹ ﻭﺻﺪﻕ – ﺑﺎﺭﻙ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻴﻜﻢ – .
ﻣﻨﻘﻮﻝ ﻣﻦ ﻣﻮﻗﻊ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺣﻔﻈﻪ الله

https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=140235

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *