Nasehat Bagi Orang Tua Untuk Semangat Dalam Mendidik Anak

💐💭โ• *NASEHAT BAGI ORANG TUA UNTUK SEMANGAT DALAM MENDIDIK ANAK*

โ”Pertanyaan : Wahai Fadhilatusy Syaikh, sebagian orang mengatakan : Sesungguhnya termasuk sebab lemahnya tingkat pelajaran seorang penuntut ilmu dan agama adalah sikap orang tua yang menelantarkan anaknya, mereka sibuk dengan urusan pribadi mereka, dan tidak mengikuti perkembangan anaknya. Maka apa nasehat dari engkau wahai syaikh untuk para wali santri/orang tua?
โœDijawab oleh Asy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baaz ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ :
🔊”Tidak diragukan lagi, bahwa sikap para orang tua yang menelantarkan anak-anaknya dan tidak memberikan semangat (motivasi) untuk menuntut ilmu kepada mereka termasuk sebab yang mengantarkan kepada kelemahan mereka. Maka yang wajib bagi para ayah, ibu, dan kakaknya adalah membantu mereka untuk memahami ilmu agama,  belajar, serius dalam menuntut ilmu, dan membantu mereka untuk menjaga waktu-waktu pelajarannya. 
📌Inilah yang wajib atas mereka (seorang wali) , adapun bermudah-mudahan dan tidak menghiraukan terhadap urusan (pelajaran) mereka, maka ini sebab kegagalan, sedikitnya ilmu, dan kemalasan mereka.
📎Wajib bagi mereka, untuk mendidik anak-anak yang tertinggal dan bermalas-malasan (dalam belajarnya). Dan wajib bagi mereka (wali), untuk serius dalam permasalahan ini, memberikan semangat kepada mereka agar bersungguh-sungguh, bersemangat, tekun terhadap pelajaran-pelajaran yang ada, menjaga waktu pelajaran, menjaga waktu shalat, baik shalat fajar ataupun yang lainnya. Inilah kewajiban kita semua.
โœ”Kami memohon kepada Allah untuk memberikan taufiqnya kepada kaum muslimin, agar dapat menunaikan kewajiban mereka terhadap anak-anak mereka dan selain (anak-anak) mereka. Sesungguhnya Dialah Sebaik-baik tempat meminta dan Sedekat-dekat Dzat Yang menjawab (doa).
ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏุŒ ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู….
📚sumber: http://www.binbaz.org.sa/fatawa/1956

ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุดูŠุฎ: ูŠู‚ูˆู„ ุงู„ุจุนุถ: ุฅู† ู…ู† ุฃุณุจุงุจ ุถุนู ู…ุณุชูˆู‰ ุงู„ุทุงู„ุจ ุงู„ุฏูŠู†ูŠ ูˆุงู„ุนู„ู…ูŠ ุฅู‡ู…ุงู„ ุงู„ุขุจุงุก ู„ุฃุจู†ุงุฆู‡ู… ูˆุงู‡ุชู…ุงู…ู‡ู… ุจู…ุดุงุฑูŠุนู‡ู… ุงู„ุฎุงุตุฉ ูˆุนุฏู… ู…ุชุงุจุนุชู‡ู…ุŒ ูู‡ู„ ู…ู† ู†ุตูŠุญุฉ ู…ู† ูุถูŠู„ุชูƒู… ู„ู‡ุคู„ุงุก ุงู„ุฃูˆู„ูŠุงุกุŸ
ู„ุง ุดูƒ ุฃู† ุฅู‡ู…ุงู„ ุงู„ุขุจุงุก ูˆุงู„ุฃู…ู‡ุงุช ู„ุฃูˆู„ุงุฏู‡ู… ูˆุนุฏู… ุชุดุฌูŠุนู‡ู… ุนู„ู‰ ุทู„ุจ ุงู„ุนู„ู… ู…ู† ุงู„ุฃุณุจุงุจ ุงู„ู…ุคุฏูŠุฉ ุฅู„ู‰ ุถุนูู‡ู…ุŒ ูˆุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุขุจุงุก ูˆุงู„ุฃู…ู‡ุงุช ูˆุงู„ุฅุฎูˆุฉ ุงู„ูƒุจุงุฑ ุฃู† ูŠูƒูˆู†ูˆุง ุนูˆู†ุงู‹ ู„ุฃูˆู„ุงุฏู‡ู… ุนู„ู‰ ุงู„ุชูู‚ู‡ ููŠ ุงู„ุฏูŠู†ุŒ ูˆุงู„ุชุนู„ู…ุŒ ูˆุงู„ุนู†ุงูŠุฉ ุจุทู„ุจ ุงู„ุนู„ู…ุŒ ูˆุงู„ู…ุญุงูุธุฉ ุนู„ู‰ ุฃูˆู‚ุงุช ุงู„ุฏุฑุงุณุฉุŒ ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ูŠู‡ู…ุŒ ูˆุฃู…ุง ุฅู‡ู…ุงู„ู‡ู… ูˆุงู„ุชุณุงู‡ู„ ู…ุนู‡ู… ูู‡ูˆ ู…ู† ุฃุณุจุงุจ ูุดู„ู‡ู…ุŒ ูˆู…ู† ุฃุณุจุงุจ ู‚ู„ุฉ ุนู„ู…ู‡ู…ุŒ ูˆู…ู† ุฃุณุจุงุจ ุชูƒุงุณู„ู‡ู…ุŒ ูุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุขุจุงุก ูˆุงู„ุฃู…ู‡ุงุช ูˆุงู„ุฅุฎูˆุฉ ุงู„ูƒุจุงุฑ ุฃู† ูŠุคุฏุจูˆุง ู…ู† ูŠุชุฎู„ู ูˆูŠุชุณุงู‡ู„ุŒ ูˆุฃู† ูŠุนุชู†ูˆุง ุจู‡ุฐุง ุงู„ุฃู…ุฑุŒ ูˆุฃู† ูŠุดุฌุนูˆุง ุงู„ุฃูˆู„ุงุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌุฏ ูˆุงู„ู†ุดุงุทุŒ ูˆุงู„ู…ูˆุงุธุจุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุฏุฑูˆุณุŒ ูˆุงู„ู…ุญุงูุธุฉ ุนู„ู‰ ุฃูˆู‚ุงุช ุงู„ุฏุฑุงุณุฉุŒ ูˆุงู„ู…ุญุงูุธุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ ุตู„ุงุฉ ุงู„ูุฌุฑ ูˆุบูŠุฑู‡ุงุŒ ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู…ูŠุน. ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠูˆูู‚ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ู„ุฃุฏุงุก ู…ุง ูŠุฌุจ ุนู„ูŠู‡ู… ู„ุฃูˆู„ุงุฏู‡ู… ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุŒ ุฅู†ู‡ ุฎูŠุฑ ู…ุณุฆูˆู„ ูˆุฃู‚ุฑุจ ู…ุฌูŠุจุŒ ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏุŒ ูˆุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆุณู„ู….
http://www.binbaz.org.sa/fatawa/1956
📮 *WhatsApp SaLaM || Salafy Makassar*

_Mempererat Ukhuwah dengan Salam_

 

🔵 *Channel Telegram* https://t.me/salafymakassar
🖥  *Website* http://salafymakassar.net

Turut mempublikasikan : www.ahlussunnahcengkareng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *