JANGAN MEREMEHKAN FITNAH WANITA DAN JANGAN PULA MEREMEHKAN KEBAIKAN SEKECIL APAPUN

 

✍🏼 Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu berkata:

‏«ﺃَﻥَّ ﺭَﺍﻫِﺒًﺎ ﻋَﺒَﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻓِﻲ ﺻَﻮْﻣَﻌَﺘِﻪِ ﺳِﺘِّﻴﻦَ ﺳَﻨَﺔً، ﻓَﺠَﺎﺀَﺕِ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓٌ ﻓَﻨَﺰَﻟَﺖْ ﺇِﻟَﻰ ﺟَﻨْﺒِﻪِ ﻓَﻨَﺰَﻝَ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﻓَﻮَﺍﻗَﻌَﻬَﺎ ﺳِﺖَّ ﻟَﻴَﺎﻝٍ، ﺛُﻢَّ ﺳَﻘَﻂَ ﻓِﻲ ﻳَﺪِﻩِ ﻓَﻬَﺮَﺏَ، ﻓَﺄَﺗَﻰ ﻣَﺴْﺠِﺪًﺍ ﻓَﺄَﻭَﻯ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﻓَﻤَﻜَﺚَ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﻟَﺎ ﻳَﻄْﻌَﻢُ ﺷَﻴْﺌًﺎ،
ﻓَﺄُﺗِﻲَ ﺑِﺮَﻏِﻴﻒٍ ﻓَﻜَﺴَﺮَ ﻧِﺼْﻔَﻪُ ﻓَﺄَﻋْﻄَﻰ ﻧِﺼْﻔَﻪُ ﺭَﺟُﻠًﺎ ﻋَﻦْ ﻳَﻤِﻴﻨِﻪِ، ﻭَﺃَﻋْﻄَﻰ ﺁﺧَﺮَ ﻋَﻦْ ﻳَﺴَﺎﺭِﻩِ، ﻓَﺒَﻌَﺚَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﻣَﻠَﻚَ ﺍﻟْﻤَﻮْﺕِ ﻓَﻘَﺒَﺾَ ﺭُﻭﺣَﻪُ، ﻓَﻮُﺿِﻊَ ﻋَﻤَﻞُ ﺍﻟﺴِّﺘِّﻴﻦَ ﺳَﻨَﺔً ﻓِﻲ ﻛِﻔَّﺔٍ ﻭَﻭُﺿِﻌَﺖِ ﺍﻟﺴَّﻴِّﺌَﺔُ ﻓِﻲ ﻛِﻔَّﺔٍ، ﻓَﺮَﺟَﺤَﺖِ ﺍﻟﺴَّﻴِّﺌَﺔُ، ﺛُﻢَّ ﺟِﻲﺀَ ﺑِﺎﻟﺮَّﻏِﻴﻒِ ﻓَﺮَﺟَﺢَ ﺑِﺎﻟﺴَّﻴِّﺌَﺔِ»

 

“Ada seorang rahib (ahli ibadah di masa Bani Israil) yang beribadah kepada Allah di tempat ibadahnya selama 60 tahun,

⛔ lalu suatu hari datanglah seorang wanita dan dia singgah di dekatnya, maka rahib tersebut keluar menemuinya kemudian menggaulinya selama 6 malam.

🌱 Lalu dia sangat menyesal sehingga dia melarikan diri. Kemudian dia datang ke sebuah masjid lalu menginap di sana selama 3 malam tanpa makan sedikitpun.

❗🍞 Lalu ada seseorang yang memberinya sepotong roti, namun dia membagi setengahnya untuk orang yang ada di samping kanannya dan setengahnya lagi untuk orang yang berada di samping kirinya.

📛Lalu Allah mengutus malaikat maut untuk mencabut nyawanya. Maka ketika ibadahnya selama 60 tahun diletakkan di salah satu anak timbangan dan dosanya tersebut diletakkan di anak timbangan yang satunya, ternyata dosanya yang lebih berat, kemudian didatangkan sepotong roti yang dia berikan kepada orang lain tadi, maka roti tersebut mengalahkan berat dosanya.”

📚 Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, no. 9813, dan riwayat ini dinilai shahih oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dalam al-Mathalib al-Aliyah, no. 3468

🌍 Sumber || https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=164865&tab=comments#comment-747251

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *