Apa Itu Nikah Mut’ah? (3 – bersambung)

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Apa Itu Nikah Mut’ah?

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

3⃣
Menikah untuk Jangka Waktu Tertentu
Apa hukumnya dalam Islam, menikah hanya untuk jangka waktu tertentu?
Al-Lajnah ad-Daimah[7] menjawab:

“Menikah hanya untuk masa tertentu (setelah itu berpisah begitu saja) adalah nikah mut’ah yang batil, menurut kesepakatan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Sebab, nikah seperti ini hukumnya mansukh[8] oleh riwayat yang pasti dari hadits-hadits sahih yang melarang mut’ah.

Apa yang dinyatakan terlarang berarti pernikahan yang batil/tidak sah. ‘Hubungan intim’ yang terjadi dengan pernikahan mut’ah itu teranggap zina sehingga berlaku hukuman berzina bagi diri pelakunya[9] dalam keadaan dia tahu batilnya mut’ah tersebut.”

(Fatwa no. 15952, Fatawa al-Lajnah, 18/445)
Menikah dengan Syiah Rafidhah
Apakah sah pernikahan dengan seorang Rafidhah atau dengan orang yang berkata bahwa shalat lima waktu tidak wajib baginya?

Jika dia bertobat dari pemahaman Rafidhah atau dia melakukan shalat dalam beberapa masa, kemudian dia kembali lagi menjadi Rafidhah atau kembali meninggalkan shalat, apakah dianggap sah pernikahan yang telah dilakukan dengannya?

Syaikhul Islam rahimahullah menjawab,

“Tidak boleh seorang pun menikahkan perempuan yang di bawah perwaliannya dengan lelaki Rafidhah, sebagaimana tidak boleh menikahkannya dengan lelaki yang meninggalkan shalat.

Namun, apabila wali perempuan menikahkan perempuan mereka dengan lelaki yang dikira sunni dan mengerjakan shalat, kemudian di belakang hari diketahui bahwa si lelaki adalah Rafidhah yang tidak mengerjakan shalat, atau dia kembali menjadi Rafidhah (setelah rujuk menjadi sunni) lantas meninggalkan shalat, para wali tersebut dapat mem-fasakh pernikahannya.”

(Majmu’ Fatawa, 16/261)
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

↘ join telegram ⬇

Sumber, http://asysyariah.com/apa-itu-nikah-mutah/

Feb 23, 2017 Asy Syariah Edisi 114, Fatawa al-Mar’ah al-Muslimah

🌐 http://bit.ly/FadhlulIslam

🔎 salafymedia.com

📡 Publikasi:

📚  WA Fadhlul Islam Bandung

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Turut mempublikasikan www.ahlussunnahcengkareng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *